Apa itu Awan Pribadi?

Contoh sederhana dari awan yang terkenal di dunia komputasi adalah Dropbox atau Google Drive. Jika Anda menggunakan produk ini untuk mengunggah, menyimpan, dan mengambil data, maka Anda akan mengetahui apa itu awan tanpa menyadarinya. Lebih spesifiknya, awan adalah jaringan server yang terhubung bersama dengan cara yang memungkinkan penyimpanan data terpusat dan akses ke berbagai layanan dan sumber daya. Ada beragam jenis awan, tetapi dua kategori dasar awan adalah publik dan pribadi.
Seperti yang telah disebutkan, awan publik yaitu seperti Dropbox atau Google Drive atau Box atau model lain di mana penyedia layanan membuat sumber daya online seperti perangkat lunak dan penyimpanan data yang tersedia melalui Internet. Layanan awan diberikan dengan menggunakan ekosistem virtual, dan dibuat dengan menggunakan sumber daya fisik yang dikumpulkan dan dibagi. Dalam banyak kasus, seseorang atau organisasi memiliki sedikit kendali terhadap ekosistem di mana awan online di-host saat infrastruktur dibagi dan dibuat oleh banyak orang dari berbagai organisasi. Data dan aplikasi di awan online dipisah, sehingga hanya pengguna sah yang dapat mengakses kumpulan tertentu jika perlu.
Jenis awan yang lebih pribadi adalah awan berbasis perangkat penyimpanan yang terpasang ke jaringan (NAS)—perangkat Penyimpanan Media Rumah Seagate® Personal Cloud adalah contoh yang luar biasa. Perangkat NAS berfungsi sebagai lokasi pengaman pusat di mana Anda dapat mencadangkan atau menyimpan dan mengakses file Anda. Anda dapat menyambungkannya dengan berbagai perangkat, seperti pemutar media, konsol, dan smart TV. Berbeda dengan desktop dan laptop, perangkat NAS menawarkan OS sederhana yang fokus pada sedikit pengumpulan tugas seefisien dan seaman mungkin. OS yang efisien ini membuat NAS mudah diatur, dan fleksibilitas perangkat memungkinkan dilakukannya berbagai kegiatan—Anda bahkan dapat berbagi printer melalui NAS.



Pelajari Lebih Lanjut tentang Seagate Personal Cloud

Perangkat NAS biasa digunakan untuk membuat awan pribadi untuk bisnis skala kecil, tetapi juga bernilai di rumah. Pengguna di rumah dapat menggunakan perangkat NAS untuk membuat perpustakaan media terpusat yang dapat diakses dari mana pun. Memuat musik digital, film, foto, dan video ke sistem NAS, dan Anda dapat streaming dari mana pun di rumah ke komputer mana pun atau pemutar media yang sesuai atau dari jarak jauh dengan Wi-Fi atau koneksi Internet di ponsel, tablet, atau laptop Anda.
Manfaat dari awan jenis apa pun adalah data yang disimpan dapat diakses sepanjang waktu. Baik Anda menggunakan server penyimpanan yang sangat besar untuk melakukan host awan seperti Facebook, atau perangkat NAS untuk bisnis kecil atau rumahan Anda, akses segera ke data Anda sangat penting. Dengan menggunakan perangkat genggam dan koneksi Internet apa pun yang tersedia, solusi awan memungkinkan Anda segera mengakses data dari mana pun.
(Sumber : http://www.seagate.com)