Eternal Asia Indonesia Tawarkan Ragam Produk Delta, Toshiba, dan Synology

3 Sep, 2015

EAI-1

Solusi yang menyeluruh menjadi kata kunci yang ditawarkan oleh tiga produsen yang menjadi mitra Eternal Asia Indonesia. Ketiga mitra tersebut adalah Delta, Toshiba, dan Synology. Delta menawarkan power management solution, Toshiba tentunya terkenal melalui beragam perangkat elektroniknya, dan Synology cukup populer dengan NAS-nya. Sementara, Eternal Asia Indonesia adalah perusahaan yang fokus mendistribusikan beragam produk TI, termasuk produk dari ketiga mitranya itu.

Fokus Delta melalui Eternal Asia Indonesia adalah MCIS (Mission Critical Infrastructure Solution) yang terbagi atas UPS Solutions dan Datacenter Infrastructure Solutions. Pada UPS Solutions, Delta menawarkan solusi UPS yang menyeluruh untuk 1 kVA ke atas dan terbagi ke dalam tiga keluarga, yakni Amplon, Ultron, dan Modulon. Amplon merupakan single phase UPS dengan kapasitas sampai 10 kVA, Ultron adalah three phase UPS dengan kapasitas sampai 500 kVA, dan Modulon merupakan three phase modular UPS sampai 200 kVA. Meski tidak semua, tetapi sebagian besar UPS yang ditawarkan itu merupakan online UPS yang bisa memberikan proteksi terbaik.

EAI-2

“Jika Anda ingin memproteksi investasi Anda, Anda sebaiknya memilih online UPS. Mengapa? Jika Anda melihat di bagian sini, dayanya sebenarnya diubah dari AC ke DC. Mereka benar-benar membersihkan daya tersebut di sana. Dan dari DC, mereka benar-benar memberikan daya yang sangat stabil ke perangkat Anda,” jelas Jaffry Ng (Application Solutions Manager dari Delta Energy Systems (Singapore) Pte Ltd)

Untuk Datacenter Infrastructure Solutions, Delta menyediakan produk yang terbagi ke dalam Power System, Rack and Accesories, Precision Cooling, dan Environmental Management System. Pada Precision Cooling misalnya antara lain ditawarkan RowCool 29kW yang menggunakan bantuan cairan, tidak hanya udara, dalam mendinginkan data center.

Untuk Toshiba, perangkat yang diangkatnya adalah media simpan. Sama seperti Delta, Toshiba menawarkan produk media simpan yang menyeluruh. Meski berawal dari harddisk mobile, Toshiba kini tidak lagi hanya menawarkan media simpan untuk client melainkan juga untuk enterprise, mulai dari untuk laptopdesktop, sampai data center. Bahkan, tersedia pula media simpan khusus otomotif. Media simpan yang ditawarkannya itu pun tidak lagi hanya harddiskmelainkan turut mencakup SSD dan SSHD (Solid State Hybrid Drive).

EAI-3

“Kita ada full range untuk HDD, jadi kalau mau pakai di aplikasi apa saja, kita ada,” sebut Renny ARIEF (Executive, Sales & Marketing, Hard Disk Drive Division dari Toshiba Electronics Asia (Singapore) Pte Ltd)

Salah satu media simpan yang disorot adalah yang untuk surveillance. Untuk surveillance ini Toshiba menawarkan tiga keluarga harddisk yaitu Video Stream, Surveillance, dan Enterprise Capacity dengan kapasitas sampai 6 TB. Beda utama dari ketiga kelompok harddisk ini adalah pada duty cycle-nya dalam artian berapa seringnya harddisk tersebut bisa ditulis setiap harinya. Pada yang paling rendah, Video Stream, misalnya, hanya bisa ditulis sekitar 20% setiap harinya, sedangkan pada kelas menengah dan atas bisa mencapai 100%. Selain itu, pada Surveillance dan Enterprise Capacity dilengkapi pula dengan sensor Rotational Vibration (RV) yang berfungsi untuk mendeteksi getaran dan mengambil tindakan yang sesuai. Ini bermanfaat tatkala digunakan banyak harddisk sekaligus pada satu perangkat.

Sementara, meski juga menawarkan perangkat NAS untuk beragam keperluan, Synology memfokuskan pada aplikasi untuk manajemennya, termasuk setup awalnya. Anda cukup menghubungkan NAS tersebut ke jaringan, dan bila jaringan tersebut terhubung ke internet, Anda bisa masuk ke situs Synology (find.synology.com) melalui browser lalu mengikuti langkah yang ada untuk melakukan setup. Bila tidak terkoneksi ke internet, Anda bisa menggunakan toolSynology Assistant. Selain itu, penggunaan DiskStation Manager dalam mengatur NAS Synology juga tidak rumit. Antarmukanya sekilas mirip Windows. DiskStation Manager memungkinkan beragam pengaturan seperti userbackup,cloud, dan security.

EAI-4

“Anda tidak perlu meng-install software apapun di Nas Anda. Anda bisa menggunakan sembarang perangkat untuk terhubung ke DSM (DiskStation Manager) kami. Kami mendukung banyak browser,” ujar Victor Wang (Sales Manager dari Synology Inc)

Adapun lineup Synology yang tersedia saat ini mulai dari seri j untuk digunakan di rumah maupun kantor kecil, seri + untuk usaha kecil dan menengah, sampai seri XS dan XS+ untuk bisnis skala besar. Untuk memudahkan Anda menemukan NAS yang tepat, Synology juga menyediakan sejumlah tool pada situsnya yang bisa membantu Anda melakukan perhitungan. (info komputer)