3D V-NAND merupakan tipe memori NAND yang dihadirkan untuk mengatasi kekurangan Triple-Level-Cell (TLC) NAND. Pada dasarnya, kelemahan tersebut mengorbankan durabilitas demi kerapatan memori lebih tinggi. 3D V-NAND mengatasinya dengan saling menumpuk tiap sel NAND di atas yang lain. Hal tersebut kebalikan dengan TLC dan MLC NAND tradisional yang saling berdampingan.

Hari ini di ajang Samsung SSD Global Summit di Seoul, Korea Selatan, Samsung mengumumkan SSD konsumen kelas atas unggulan baru yang juga menjadi SSD pertama di dunia yang mengusung teknologi 3D V-NAND yakni SSD 850 PRO.

SSD 850 PRO hadir dalam faktor bentuk 2,5 inci dan menggunakan antarmuka SATA 6 Gbps. Di dalamnya tertanam kontroler Samsung MEX 3-core yang sama digunakan dalam SSD 840 EVO. SSD 850 PRO baru juga dilengkapi Dynamic Thermal Guard, fitur baru yang membantu mencegah potensi kehilangan data dari panas berlebihan. Selain itu, SSD 850 PRO juga mendukung teknologi RAPID mode caching milik Samsung.

Menurut Samsung, SSD 850 PRO akan berikan kecepatan baca dan tulis sekuensial maksimum 550 MB/detik dan 520 MB/detik; sedangkan kecepatan baca dan tulis acak ada di kisaran 100.000 IOPS dan 90.000 IOPS. Peningkatan performa terbesar, menurut Samsung, tampak pada model 128 GB karena mampu mengungguli pesaingnya dengan model yang sama di pasaran dalam hal kecepatan baca lebih dari 100 MB/detik.

SSD 850 PRO baru akan tersedia dalam kapasitas 128 GB , 256 GB, 512 GB, dan 1 TB dan akan tersedia secara global mulai bulan ini. Informasi harga akan disediakan kemudian dengan tawaran garansi hingga 10 tahun. (HWM Indo)