Review HDD Eksternal: WD My Passport Wireless Pro 2 TB | http://www.eternal-asia.co.id
Berita

Review HDD Eksternal: WD My Passport Wireless Pro 2 TB

28 Sep 2017

Review HDD Eksternal: WD My Passport Wireless Pro 2 TB

Pada 2014 lalu, WD (Western Digital) mencoba menghadirkan sebuah inovasi baru ke dalam media penyimpanan eksternal berbasis HDD (Hard Disk Drive). Produsen ternama asal Amerika Serikat ini menawarkan sebuah storage eksternal dengan nama WD My Passport Wireless. Keunggulan dari media penyimpanan tersebut adalah dapat terhubung ke perangkat gadget, baik yang berbasis Android atau iOS secara wireless melalui aplikasi WD My Cloud untuk mengakses atau melakukan transfer beragam file.

DSCF7121

Seiring tiga tahun berlalu, WD ternyata masih terus berupaya mengembangkan media penyimpanan yang disertai teknologi wireless tersebut. Pada awal Agustus 2017 lalu, WD resmi menghadirkan generasi kedua dari lini HDD eksternalnya ini dengan mengusung nama WD My Passport Wireless Pro. Selain tetap menawarkan teknologi wireless, tentunya sang produsen turut menghadirkan penambahan teknologi serta fitur-fitur terbaru pada media penyimpanan barunya ini. Penasaran apa saja kemampuan yang dimiliki HDD eksternal ini selain dapat menyimpan data-data berharga Anda? Berikut kami sajikan ulasan lengkapnya untuk Anda.

Paket Penjualan

Sebelum kita membahas cara penggunaan serta kemampuan dari WD My Passport Wireless Pro ini, terlebih dulu kami sajikan paket penjualan yang ditawarkan oleh WD pada salah satu koleksi media penyimpanan miliknya ini.

DSCF7125
Box tampak depan
DSCF7133
Box tampak belakang

 

WD tampak sangat apik dalam memberikan kemasan pada WD My Passport Wireless Pro berkapasitas 2 TB yang mampir di meja pengujian kami ini. Beragam informasi seputar produk bisa Anda ketahui, mulai dari fitur konektivitas WiFi-nya yang kini mengusung teknologi WiFi AC hingga kapasitas dari HDD eksternal ini.

Pada bagian box samping terlihat informasi yang menyatakan bahwa WD My Passport Wireless Pro ini bisa difungsikan sebagai power bank, karena WD menyertakan baterai berkapasitas 6400mAh yang bisa Anda manfaatkan untuk mengisi ulang gadget, baik itu, smartphone, tablet atau baterai dari kamera digital.

DSCF7137

DSCF7144
Kelengkapan paket penjualan
DSCF7149
Petunjuk penggunaan aplikasi WD My Cloud dan kartu garansi
DSCF7146
Kabel USB 3.0

 

Paket penjualan yang tersaji pada WD My Passport Wireless Pro ini seperti biasa terdiri dari kelengkapan yang terpenting saja seperti charger, kabel USB 3.0 dan buku manual penggunaan serta informasi garansi.

DSCF7140

Charger yang disediakan oleh WD untuk mengisi ulang baterainya, memiliki tiga tipe soket listrik yang bisa Anda pilih. Sayangnya di antara ketiga soket tersebut tidak ada satupun yang merupakan soket listrik standar Indonesia.

 

Fitur dan Penggunaan

WD My Passport Wireless Pro dirancang oleh WD dengan konsep OTG (On-the-Go) yang ditujukan untuk kalangan profesional seperti fotografer yang mungkin merasa repot untuk membawa serta laptop yang mungkin biasa dijadikan untuk media penyimpanan atau untuk melihat hasil tangkapan kamera. Hadir dengan fitur konektivitas WiFi pada My Passport Wireless Pro, perangkat ini dipastikan tidak merepotkan kalangan profesional lagi untuk membawa laptop.

DSCF7151
Desain body My Passport Wireless Pro lebih lebar namun cukup slim jika dibandingkan dengan My Passport Wireless (2014).

Bahkan My Passport Wireless Pro ini tidak hanya berfungsi untuk menyimpan file-file berharga Anda, tetapi juga bisa berfungsi sebagai power bank karena telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 6400mAh. Untuk memudahkan Anda saat melakukan transfer foto ke perangkat penyimpanan ini, WD menyertakan slot SD Card agar hasil foto atau video yang Anda miliki dapat langsung disimpan ke dalam My Passport Wireless Pro.

Slot SD Card
Slot SD Card
Melakukan pengisian ulang baterai
Melakukan pengisian ulang baterai
Saat melakukan pengisian ulang baterai smartphone.
Saat melakukan pengisian ulang baterai smartphone.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang memiliki smart TV, laptop, smartphone atau tablet yang tentunya memiliki konektivitas WiFi dan bisa mendukung penggunaan Plex, WD My Passport Wireless Pro ini bisa dijadikan sebagai portable media server sehingga bisa diakses secara nirkable melalui konektivitas WiFi.

DSCF7156
Tombol power, USB 3.0, USB 2.0 untuk mengisi ulang baterai dan tombol untuk mengetahui indikator baterai dan menghubungkan SD Card ke My Passport Wireless Pro.

Cara menggunakan WD My Passport Wireless Pro ini tentunya sangatlah mudah. Untuk penggunaan reguler, Anda bisa menghubungkan media penyimpanan ini ke PC, baik itu desktop maupun laptop melalui interface USB 2.0/3.0. Saat terkoneksi via USB, HDD eksternal tidak hanya bisa diakses, tetapi juga sekaligus melakukan pengisian ulang baterai yang terdapat di dalamnya.

DSCF7171
Ketika WiFi ID My Passport Wireless Pro 2.4GHz atau 5GHz telah terdeteksi di smartphone.

Selain dapat digunakan secara reguler melalui interface USB, kehadiran fitur WiFi pada My Passport Wireless Pro ini tentunya adalah bisa diakses secara nirkabel. Konektivitas WiFi AC yang terdapat pada perangkat ini memiliki dua opsi konektivitas frekuensi WiFi AC yang bisa dipilih, antara lain 2.4 GHz dan 5 GHz.

Sedangkan untuk menghubungkan WD My Passport Wireless Pro ini ke perangkat mobile seperti smartphone atau tablet, pastikan terlebih dahulu Anda menginstal aplikasi WD My Cloud yang sudah tersedia di Play Store dan App Store.

002
Pilih Connect to Local Device untuk mengakses My Passport Wireless Pro

Pada gambar di atas, kami melakukan pengujian koneksi wireless melalui smartphone Infinix Zero 4 berbasis Android 7.0 Nougat yang sudah dilengkapi aplikasi WD My Cloud.

006

 

004
Pilih Storage untuk mengakses My Passport Wireless Ultra atau SD Card saat kartu memori SD sedang terpasang.

 

005

Ketika gadget Anda sudah berhasil terhubung ke WD My Passport Wireless Pro, Anda akan langsung dapat mengakses secara penuh, baik untuk melakukan transfer ataupun menghapus file. Dan untuk lebih memudahkan melakukan pencarian file tertentu, terdapat beberapa kategori menu yang terletak di atas, All, Photos, Music, dan Videos.

Setelah Anda menyimak paket penjualan, fitur serta penggunaan dari My Passport Wireless Pro, kini tiba saatnya kami melakukan pengujian melalui software sintetis dan juga rea life dengan melakukan transfer file melalui konektivitas USB 3.0. Penasaran seperti apa performa yang ditawarkan pada perangkat penyimpanan portable dari WD ini? Sebelum kita memasuki ke segmen pengujiannya, terlebih dahulu kami paparkan platform pengujian yang kami gunakan berikut ini.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7-7700K
  • Motherboard ASUS Maximus Formula IX Z270
  • RAM DDR4 Kingston HyperX Fury 16GB
  • SSD Samsung 850 EVO 500GB
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU Thermaltake G 650W

Review HDD Eksternal: WD My Passport Wireless Pro 2 TB

Pengujian

Pada segmen pengujian WD My Passport Wireless Pro ini, kami turut menyertakan hasil pengujian HDD eksternal milik WD lainnya hanya semata-semata sebagai pembanding saja. Pengujian yang kami lakukan melalui interface USB 3.0 dengan dua buah software sintetis dan satu kali pengujia real life dengan melakukan transfer file besar dan kecil berkapasitas 6 GB. Berikut hasil pengujiannya.

HD Tune

 

HDTune-Read

HDTune-Write

Hasil pengujian di atas menunjukkan bahwa performa yang ditampilkan dari HDD eksternal ini terbilang cukup baik, meskipun perbandingan performa maximumnya terlihat cukup jauh.

CrystalDisk Mark

CDM-Read

CDM-Write

Pada hasil pengujian sintetis berikutnya, yaitu CrystalDisk Mark, performa Read dan Write yang ditawarkan My Passport Wireless Pro ini cukup berimbang dengan HDD eksternal pembandingnya. Hasil ini pun terbilang cukup wajar dan baik untuk sebuah HDD eksternal yang sama-sama menggunakan interface USB 3.0.

Transfer File 6GB

Tes-Transfer-File

Hasil pengujian real life dengan melakukan transfer file besar dan kecil berkapasitass 6GB, WD My Passport Wireless Pro menawarkan performa Read/Write dengan hasil cukup baik.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, WD My Passport Wireless Pro boleh dibilang sebagai solusi yang sangat baik bagi para pengguna yang mungkin memiliki hobi memotret atau memang memiliki pekerjaan sebagai fotografer profesional. Misalnya jika Anda baru pulang bepergian dan memiliki beragam kenangan foto selama perjalanan atau sehabis kumpul bersama teman dan keluarga, perangkat penyimpanan ini akan memudahkan Anda untuk menyimpan atau mem-backup beragam foto kenangan yang Adan miliki disimpan di dalamnya.

Belum lagi jika Anda yang berprofesi sebagai fotografer profesional, Anda tak perlu repot lagi membawa laptop yang mungkin bisa membebani perjalanan Anda ketika memotret di luar ruangan atau pegunungan. Cukup dengan memasukkan kartu SD ke slot SD Card pada My Passport Wireless Ultra, Anda bisa mengakses atau meng-copy foto-foto Anda ke media penyimpanan ini menggunakan smartphone atau tablet. Namun sayangnya, saat kami melakukan proses transfer foto ke My Passport Wireless Pro ini melalui smartphone, kami tidak melihat munculnya notifikasi proses copy yang sedang berlangsung. Sehingga kami sulit untuk mengetahui apakah proses copy sudah selesai atau belum.

Selain itu, meskipun perangkat penyimpanan ini dirancang cukup portabel, penggunaan HDD (Hard Disk Drive) yang terdapat di dalamnya tentu Anda harus tetap berhati-hati saat menggunakan. Karena HDD tidak memiliki ketahanan terhadap guncangan.

Mengenai performa yang ditawarkan, WD My Passport Wireless Pro ini boleh dibilang cukup baik secara keseluruhan. Anda tidak akan menemukan kendala apapun saat mengakses media penyimpanan ini melalui interface USB 3.0. Soal kapasitas yang tersedia, pihak WD menyediakan 4 pilihan kapasitas untuk HDD eksternal varian ini di antaranya 2TB, 3TB dan 4TB, yang masing-masing semuanya telah dilindungi oleh garansi selama 2 tahun. Untuk harga dan ketersediaannya, WD My Passport Wireless Pro berkapasitas 2 TB ini kabarnya sudah tersedia di pasar Indonesia dengan harga sekitar Rp. 2.800.000.

Kelebihan

+ Performa cukup kencang

+ Koneksi wireless WiFi AC

+ Tersedia beberapa software dan aplikasi essential WD

Kekurangan

– Tidak tahan benturan

Data Teknis

Produsen Western Digital
Info http://www.wdc.com
Harga Rp. 2.800.000
Distributor Eternal Asia Indonesia
Kompatibel Windows 7, 8, 10, Mac OS, Android, iOS
Dimensi 126 x 126 mm
Kapasitas 2 TB
Interface USB 3.0 dan WiFi AC

sumber : JagatReview