Review Storage: SSD Samsung 860 PRO 256 GB | http://www.eternal-asia.co.id
Berita

Review Storage: SSD Samsung 860 PRO 256 GB

24 Jan 2018

Review Storage: SSD Samsung 860 PRO 256 GB

Mengawali tahun 2018, Samsung ternyata tidak hanya berinovasi dalam menghadirkan produk elektroniknya di industri smartphone. Khusus untuk industri PC, terutama pada produk storage SSD (Solid State Drive), sang produsen ternama dunia asal Korea Selatan ini resmi menghadirkan salah satu varian seri SSD terbaru yang masuk di kelas konsumen, yakni 860 EVO/PRO Series. Kedatangan SSD terbaru Samsung ini tampaknya bakal dijadikan sebagai generasi terbaru dari seri sebelumnya, yaitu 850 EVO/PRO Series.

Sempat beredar wujud dari SSD Samsung 860 EVO/PRO Series pada Oktober 2017 lalu, kini salah satu SSD dari seri tersebut akhirnya resmi mendarat di meja pengujian kami. Samsung 860 PRO yang hadir di lab. kami ini memiliki kapasitas 256 GB yang merupakan kapasitas terendahnya. Untuk kapasitas tertinggi dari SSD seri ini bakal tersedia hingga 4TB. Sebelum kita melangkah lebih jauh mengulas performa dari Samsung 860 PRO 256 GB ini, berikut kami sajikan terlebih dahulu paket penjualan dan spesifikasi yang dimiliki SSD terbaru dari Samsung ini.

Paket Penjualan

Kemasan Samsung 860 PRO tampak depan

 

Kemasan Samsung 860 PRO tampak belakang

 

Dilihat dari kemasannya, Samsung ternyata menampilkan kemasan dari 860 PRO memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibanding terdahulunya, 850 PRO. Ukuran kemasan dari 860 PRO tampil lebih kecil dan mirip dengan kemasan SSD Samsung 960 PRO/EVO.

Kelengkapan paket penjualan Samsung 860 PRO

 

Kelengkapan penjualan dari SSD Samsung 860 PRO hanya tersedia unit SSD dan satu buku panduan penggunaan yang menyatu dengan informasi garansi. Sayangnya menurut informasi yang kami peroleh, masa garansi dari 860 PRO ini hanya 5 tahun, sedangkan untuk seri terdahulu, 850 PRO tergolong cukup lama, yakni 10 tahun.

Jika pada seri sebelumnya, 850 PRO, Samsung memberikan sebuah CD tools & software pendukung, pada seri Samsung 860 PRO ini, sang produsen tidak menyertakannya CD tools & software pendukung di dalam kemasannya.

Samsung SSD 860 PRO 256 GB

Samsung kini resmi menghadirkan SSD 2.5” consumer terbarunya, 860 PRO. Masih dalam tampilan dan balutan warna yang sama,varian SSD ini tampil dengan balutan warna hitam dengan warna kotak khas merah. SSD yang dikhususkan untuk kalangan pengguna PC profesional ini diyakini mampu mendongkrak kinerja PC, baik itu PC desktop maupun laptop.

Sebagai SSD terbaru, Samsung 860 PRO dengan form factor 2.5” ini diklaim mampu menawarkan kinerja Read/Write sequential mencapai 560 MB/s dan 530 MB/s. Dengan memanfaatkan interface SATA 6Gbps, SSD ini juga diklaim mampu menawarkan kecepatan Random 4K mencapai 100.000 IOPS (Read) dan 90.000 IOPS (Write).

Performa yang ditawarkan dari Samsung 860 PRO tampaknya berkat peranan kontroler terbaru yang dikembangkanoleh Samsung, yaitu Samsung MJX Controller yang dipadu dengan chip memory V-NAND 64-layertipe MLC (Multi-level Cell). Berdasarkan informasi yang kami peroleh, Samsung 860 PRO merupakan SSD pertama mereka yang menggunakan chip memory V-NAND, sehingga SSD ini tidak hanya memungkinkan untuk penggunaan PC profesional, tetapi juga dapat diaplikasikan pada sistem workstation dan NAS (Network Attached Storages). SSD Samsung 860 PRO 256 GB yang telah dilengkapi dengan DRAM Cache 512 MB LPDDR4 ini dikatakan juga dapat digunakan pada sistem berbasis Linux.

Jika dilihat dari spesifikasi yang dimiliki, Samsung 860 PRO ini tidak hanya memungkinkan untuk memiliki kapasitas yang semakin besar, tetapi juga memiliki tingkat ketahanan (Endurance) yang semakin tinggi. Menurut data yang kami peroleh dari Samsung, ketahanan dari 860 PRO berkapasitas 256 GB ini mencapai hingga 300 TBW (Terabytes Written), lebih tinggi dibanding seri terdahulu (850 PRO 256 GB) yang hanya mencapai 150 TBW. Sehingga boleh dibilang, Samsung 860 PRO ini memiliki daya tahan yang lebih baik.

Beberapa fitur esensial sebagai pendukung telah disematkan pada Samsung 860 PRO ini, di antaranya TRIMSMARTGarbage CollectionDevice SleepAES 256 dan TCG/Opal. Mulai penasaran dengan hasil pengujian yang kami peroleh dari Samsung 860 PRO 256 GB ini? Langsung saja simak segmen pengujian pada halaman berikutnya.
 

Review Storage: SSD Samsung 860 PRO 256 GB

Platform Pengujian Samsung 860 PRO 256 GB

  • Prosesor Intel Core i7 7700
  • CPU Cooler: Cooler Master MasterLiquid Lite 120
  • Motherboard Z270
  • RAM DDR4 16GB (4x 4GB)
  • SSD Intel NVMe 750 Series
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU 550 watt
  • Windows 10

Pengujian

Memasuki segmen pengujian SSD Samsung 860 PRO 256 GB, kami tentunya menyertakan dua SSD lain yang semata-mata bertujuan hanya sebagai pembanding saja. Tentunya kami mencoba membandingkan SSD terbaru Samsung ini dengan generasi sebelumnya, yakni 850 PRO dan EVO. Dan berikut ini adalah hasil pengujian dari SSD Samsung 860 PRO.

HD Tune

HD Tune yang merupakan software sintetis untuk menguji storage, menunjukkan kalau performa yang dimiliki Samsung 860 PRO begitu kencang. Dilihat dari hasil keseluruhan, ketiga SSD dari Samsung ini diyakini mampu untuk meningkatkan performa pada sebuah sistem PC, baik itu PC desktop maupun laptop.

CrystalDisk Mark

Masih dalam ruang lingkup pengujian menggunakan software sintetis yang kali ini kami gunakan adalah CrystalDisk Mark. Melalui aplikasi pengujian ini, Samsung 860 PRO juga kembali menunjukkan hasil performa yang sangat positif dan bakal mampu mendongkrak sistem PC high-end dan workstation sekali pun.

PC Mark 8

Melalui hasil pengujian PC Mark 8, terlihat tidak ada perbedaan yang signifikan meskipun Samsung 860 PRO lebih unggul dalam jumlah skor bandwidth.

ATTODisk Benchmark

Pada hasil pengujian menggunakan ATTO Disk Benchmark, performa yang ditampilkan Samsung 860 PRO sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh Samsung, yakni mencapai hingga 560 MB/s (Read) dan 530 MB/s (Write). Sangat layak untuk Anda gunakan dalam meningkatkan performance booster pada sistem PC yang Anda miliki.

Tes Transfer File 6 GB

Setelah menyimak hasil pengujian sintetis, kami tentunya melakukan pengujian real life dengan melakukan transfer file besar dan kecil berkapasitas 6 GB. Terlihat performa dari Samsung 860 PRO cenderung sangat stabil dalam melakukan proses Read/Write transfer data.

Importing File Video 80GB

 

Hasil performa real life pada Samsung 860 PRO terlihat memiliki kemampuan yang sama dengan generasi sebelumnya. Namun kami mencoba melakukan pengujian real life lain seperti importing file video 80 GB pada aplikasi Sony Vegas. Hasilnya, Samsung 860 PRO terlihat unggul lebih cepat dibanding dua SSD Samsung generasi terdahulunya.
 

Review Storage: SSD Samsung 860 PRO 256 GB

Kesimpulan

Saat pertama kami menerima SSD terbaru dari Samsung ini, kami cukup terkejut dari tampilan kemasannya yang boleh dibilang jauh berbeda dibanding seri terdahulunya, 850 PRO. Bila pada seri terdahulu tersedia CD Tools & Software pendukung dalam paket penjualannya, pada 860 PRO kali ini Samsung tidak menyertakan CD software pendukung yang berisikan Samsung Magician. Anda pun tak perlu khawatir akan hal tersebut karena Anda bisa memperolehnya dan mengunduh Samsung Magician secara gratis melalui situs resmi Samsung. Meskipun memiliki tampilan kemasan yang berbeda, untuk varian SSD ini ternyata tetap diberikan sebuah logo kotak berwarna merah yang menjadi khas dari seri 860 PRO.

Secara keseluruhan performa yang ditampilkan, Samsung 860 PRO memang terlihat tidak jauh berbeda dari seri terdahulu yang kami jadikan sebagai pembanding. Namun pada bagian pengujian kami dalam melakukan importing file video 80 GB, Samsung 860 PRO yang dirancang untuk kalangan profesional telah menunjukkan kelasnya, dimana SSD ini memang cocok untuk diaplikasi pada PC profesional. Samsung yang dikenal sebagai salah satu perusahaan inovatif tentu menawarkan kelebihan lain pada SSD barunya selain dari spesifikasi terbaru yang diusungnya.

Berkat penggunaan kontroler terbaru, MJX Controller, tampaknya kontroler tersebut semakin cerdas dalam membaca/menulis data pada NAND. Tidak hanya itu, SSD Samsung 860 PRO juga kini dapat diaplikasi pada sistem lain seperti workstation dan NAS, bahkan juga pada sistem berbasis Linux.

Keunggulan lain yang dimiliki Samsung 860 PRO ini terletak tingkat ketahanan (Endurance) yang kini mengalami peningkatan. Untuk Samsung 860 PRO berkapasitas 256 GB memiliki tingkat ketahanan mencapai 300 TBW, lebih tinggi dibanding seri terdahulu (Samsung 850 PRO 256 GB) yang mencapai 150 TBW. SSD ini tentunya tidak hanya menawarkan peningkatan performa pada PC namun juga dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Soal kapasitas yang tersedia, berkat penggunaan V-NAND 64-layer sangat memungkinkan Samsung untuk menawarkan varian SSD ini dalam kapasitas yang sangat masif. Ada lima pilihan kapasitas dari Samsung 860 PRO yang disediakan mulai dari 256 GB512 GB1 TB2 TB dan 4 TB. Mengenai harganya, Samsung 860 PRO berkapasitas 256 GB yang dilengkapi masa garansi 5 tahun ini dibanderol dengan harga sekitar USD 139.99. Harga yang dimiliki SSD ini tergolong cukup tinggi di kelasnya.

Kelebihan:
  • Performa kencang
  • Tersedia pilihan kapasitas hingga 4 TB
  • Software pendukung Samsung Magician
  • Tingkat Endurance lebih tinggi
Kekurangan:
  • Harga tergolong cukup tinggi

 

Data Teknis

Produsen Samsung
Info http://www.samsung.com/
Harga USD 139.99
Distributor Eternal Asia
Telepon
Garansi 5 tahun
MTBF 2 juta jam
Kapasitas 256 GB
Interface SATA 6 Gbps

sumber: JAGATREVIEW