Review Samsung 970 EVO M.2 NVMe 1TB | http://www.eternal-asia.co.id
Berita

Review Samsung 970 EVO M.2 NVMe 1TB

12 Nov 2018
Review Samsung 970 EVO M.2 NVMe 1TB

Review Storage: Samsung 970 EVO M.2 NVMe 1 TB

Pada akhir April lalu, Samsung kembali menggebrak persaingan pasar SSD consumer dengan memperkenalkan keluarga terbaru dari SSD M.2 NVMe andalannya yaitu 900 Series. SSD dengan mengusung form factor M.2 2280 milik Samsung ini diberi nama 970 Series yang tentunya merupakan generasi terbaru dari seri sebelumnya, 960 Series. Selain menawarkan dua versi pilihan, antara lain EVO dan PRO serta beberapa pilihan kapasitas, Samsung mengemas SSD barunya ini dengan spesifikasi terbaru dan memiliki ketahanan lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Seperti yang sempat kami informasikan melalui kehadiran Samsung 970 Series ini minggu lalu, salah satu seri SSD dari Samsung ini telah hadir di meja pengujian kami, SSD Samsung 970 EVO. Ingin tahu lebih jauh tentang SSD terbaru dari Samsung ini? Berikut kami hadirkan hasil ulasan lengkapnya untuk Anda.

Paket Penjualan

Box tampak depan
Box tampak belakang

Paket penjualan SSD Samsung 970 EVO 1 TB

Dalam paket penjualan yang tersaji, kali ini Samsung mencoba memberikan tampilan yang berbeda dari seri-seri sebelumnya. Bila sebelumnya tidak disertakan penutup, kali ini pada SSD Samsung 970 EVO dilengkapi penutup dari plastik mika. Buku panduan yang menjadi pelengkap dari paket penjualannya juga tetap turut disertakan dan kini diletakan di bawah SSD.

Paket penjualan yang tersaji dari 970 EVO ini mungkin memang terlihat minim. Akan tetapi, Samsung melengkapi beberapa dukungan lengkap, mulai dari driver NVMe dan Magician Software yang dapat Anda peroleh dengan mengunduhnya melalui situs resmi Samsung.

Samsung 970 EVO 1 TB

Saat pertama kali diperkenalkan, pihak Samsung menyatakan bahwa SSD Samsung 970 Series ini hadir dengan standar dan spesifikasi terbaru dibanding seri terdahulunya. Samsung 970 EVO ini merupakan generasi kedua dari 900 Series yang menawarkan performa tinggi melalui spesifikasi terbaru. SSD ini mengandalkan chip V-NAND Samsung 64 Layer 3D TLC dan dipadankan dengan kontroler terbaru Samsung, yakni Samsung Pheonix.

Untuk urusan performa, perpaduan antara chip V-NAND Samsung 64 Layer 3D TLC dan kontroler Samsung Pheonix diklaim mampu menawarkan kecepatan sequential read hingga 3,500 MB/s dan kecepatan sequential write hingga 2500 MB/s. Kemampuan yang dicapai SSD ini juga berkat penggunaan antarmuka PCI Express 3.0 x4 (theoretical bandwidth 3940 MB/s) dan tentunya telah dilengkapi dengan protokol NVMe.

Samsung 970 EVO yang mampir ke meja pengujian kami ini memiliki kapasitas 1 TB. SSD ini. Peningkatan yang signifikan dari Samsung 970 EVO 1 TB ini terlihat dari tingkat daya tahan yang ditawarkannya mencapai hingga 600 TBW. Lebih tinggi dibanding seri terdahulu dengan kapasitas yang sama yaitu Samsung 960 EVO 1 TB yang hanya mencapai 400 TBW.

SSD Samsung 970 EVO ini juga memiliki rancangan yang sama seperti seri terdahulu dengan menghadirkan teknologi Dynamic Thermal Guard. Teknologi ini mampu untuk mempertahankan performa maksimal bahkan pada saat kondisi ekstrim sehingga mampu mencegah terjadinya overheating saat beroperasi.

Samsung menyediakan 4 pilihan kapasitas untuk 970 EVO ini di antaranya 250 GB500 GB1 TB dan 2 TB. Beberapa feature esensial seperti, Intelligent TurboWriteTRIMGarbage CollectionDevice Sleep dan Enkripsi AES 256-bit juga telah disematkan pada Samsung 970 EVO ini. Mulai penasaran dengan performa pada SSD yang memiliki MTBF 1.5 juta jam ini? Berikut hasil pengujiannya kami hadirkan untuk Anda.

 

Platform Pengujian Samsung 970 EVO 1 TB

  • Prosesor Intel Core i7 7700
  • CPU Cooler: Cooler Master MasterLiquid Lite 120

    • Motherboard Z270
    • RAM DDR4 16GB (4x 4GB)
    • SSD Intel NVMe 750 Series
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU Corsair CX550M 550 watt

  • Windows 10

Pengujian

Setelah menyimak spesifikasi dari SSD Samsung 970 EVO serta platform pengujian yang kami gunakan, kini kita memasuki segmen pengujiannya. Seperti biasa, kami melakukan pengujian melalui beberapa software sintetis dan real life dengan melakukan transfer file besar dan kecil berkapasitas 6 GB. Kami menyertakan dua SSD lainnya yang merupakan generasi sebelumnya dari 970 EVO ini. Hal ini kami lakukan hanya bertujuan sebagai pembanding saja. Dan berikut ini adalah hasil pengujian dari SSD Samsung 970 EVO 1 TB.

HD Tune

Melalui pengujian menggunakan HD Tune, Samsung 970 EVO 1 TB ini menunjukkan performa yang luar biasa pada kemampuan Read-nya. Begitu juga pada kemampuan Write yang ditawarkannya.

CrystalDisk Mark

Masih seputar hasil pengujian melalui software sintetis yang kali ini melalui CrystalDisk Mark. Samsung 970 EVO 1 TB kembali menunjukkan hasil performa yang tinggi.

PC Mark 8

Skor pada PC Mark 8 yang dihasilkan SSD Samsung 970 EVO terlihat tidak jauh berbeda dengan para “saudaranya” yang sudah lebih dulu hadir di pasaran.

ATTODisk Benchmark

Melalui pengujian ATTODisk Benchmark, SSD 970 EVO 1 TB terlihat mampu menawarkan kinerja sesuai dengan yang dijanjikannya, yang mencapai hingga 3,100 MB/s untuk read dan kecepatan write mencapai dikisaran hingga 2,400 MB/s. Hal ini sudah cukup membuktikan bahwa Samsung 970 EVO mampu meningkatkan performa pada PC, baik itu PC profesional 3D atau editor video maupun gaming.

Tes Transfer File 6 GB

Melalui pengujian real life dengan melakukan tes transfer file 6 GB ini, tentunya kami ingin mengetahui maksimum dari kemampuan Read dan Write yang ditawarkan SSD Samsung 970 EVO. Hasilnya, SSD ini mampu melakukan proses transfer file besar dan kecil berkapasitas 6 GB dengan sangat cepat dan juga stabil.

SUHU

Kami melakukan pengujian suhu pada SSD Samsung 970 EVO ini. Skenario pengujian suhu ini kami menjalankan software sintetis CrystalDisk Mark. Pada kamera thermal imaging yang kami gunakan telah menangkap suhu mencapai 102.0 derajat C. Suhu yang kami dapatkan ini tergolong cukup tinggi dan sama seperti suhu pada SSD Samsung 960 EVO 1 TB yang sudah kami uji sebelumnya. Akan tetapi, perlu kami ingatkan kembali bahwa hasil pengujian suhu yang kami peroleh ini hanya mensimulasikan skenario terburuk. Jadi dalam kondisi penggunaan normal (harian), kecil kemungkinan SSD akan bekerja di temperatur setinggi ini terus-menerus.

 

Kesimpulan

Sejak kami kedatangan SSD Samsung 900 Series pertama, yakni 950 PRO pada 2016 lalu, kemampuan dari varian SSD consumer milik Samsung yang satu ini memang sangat impresif sejak awal kehadirannya. Di tahun berikutnya, seiring perkembangannya Samsung tetap terus berinovasi dengan menawarkan dua varian, di antaranya EVO dan PRO. Samsung 970 EVO tentunya hadir sebagai SSD consumer varian ekonomis dari 970 Series ini. Akan tetapi, inovasi yang dilakukan oleh Samsung melalui varian SSD ini kembali membuktikan bahwa Samsung diakui sebagai salah satu produsen yang memiliki tim riset dan pengembangan yang cukup lengkap.

Samsung 970 EVO yang menawarkan spesifikasi terbaru, mampu menawarkan performa yang cukup tinggi. Perpaduan antara chip V-NAND 3-bit TLC yang dipadankan dengan kontroler Samsung Pheonix mampu menyodorkan performa sequential read dan write tinggi yang mencapai hingga 3500 MB/s dan 2500 MB/s. Hal tersebut juga tak lepas dari dukungan protokol NVMe serta konektor M.2 dengan antarmuka PCI Express 3.0 x4 (theoretical bandwidth 3940 MB/s) yang digunakan SSD ini. Selain menawarkan spesifikasi yang tinggi, Samsung juga turut meningkatkan daya tahan dari 970 EVO yang mencapai hingga 600 TBW untuk yang berkapasitas 1 TB.

Melihat hasil pengujian yang kami bandingkan dengan SSD Samsung seri sebelumnya, Samsung 970 EVO dapat dijadikan sebagai SSD andalan bagi para pengguna PC dengan dana terbatas untuk merasakan sensasi kinerja tinggi dari sebuah SSD dengan form factor M.2. Seperti yang sempat disebutkan pada saat peluncuran di akhir April lalu, Samsung 970 EVO ini dilengkapi dengan teknologi Intelligent TurboWrite, sehingga SSD dapat meningkatkan performa di beberapa sistem PC, seperti PC high-end gaming, 4K dan 3D graphic editing.

Samsung 970 EVO tersedia dalam empat pilihan kapasitas, mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 TB dan 2 TB. Soal harganya, menurut informasi terakhir yang kami peroleh dari salah satu situs toko ritel, Samsung 970 EVO berkapasitas 1 TB ini dibanderol dengan harga sekitar Rp6.200.000. Namun kami mendapatkan informasi dari pihak distributor resmi bahwa SSD ini belum tersedia di pasaran. Jika sudah tersedia di pasar Indonesia, SSD ini dilindungi dengan masa garansi selama 3 tahun.

Kelebihan:
  • Performa kencang dan stabil
  • Tersedia software pendukung Samsung Magician
  • Tingkat Endurance sangat tinggi di kelasnya
  • Tersedia kapasitas hingga 2 TB
Kekurangan:
  • Suhu tinggi saat bekerja

 

Data Teknis

Produsen Samsung
Info http://www.samsung.com/
Harga Rp. 6.200.000
Distributor Eternal Asia
Telepon
Garansi 3 tahun
MTBF 1.5 juta jam
Kapasitas 1TB
Interface M.2 PCIe 3.0 x4

sumber : JagatReview